Syarat dan Cara Membuat Kartu Kredit BCA Serta Jenis Kartu Kredit BCA

Saat ini kartu kredit telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di perkotaan. Kebutuhan konsumtif menjadi alasan masyarakat memilikinya. Tak ayal, mesin gesek atau yang biasa disebut EDC cukup mudah kita jumpai di lokasi perbelanjaan. Selain dapat digunakan sebagai alat ganti pembayaran cash, kartu fungsinya juga dapat digunakan seperti layaknya kartu ATM untuk aktivitas tarik tunai. Yang membedakan keduanya, saat melakukan tarik tunai dengan kartu ATM Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan berupa bunga. Sementara pada kartu kredit, Anda akan dibebankan biaya bunga diluar nominal tarikan tunai.

Sebelum kita membahas syarat dan cara membuat kartu kredit BCA, ada baiknya kita mengetahui kenapa kartu kredit BCA begitu menarik. Bank BCA dikenal mempunyai banyak promo-promo menarik di berbagai merchant, baik di merchant online maupun di merchant offline. Promo-promo tersebut meliputi promo di restoran, promo di tempat wisata, pembelian barang-barang elektronik, fashion dan lain sebagainya. Disamping itu fitur-fiturnya seperti Cicilan BCA, Autopay serta Reward BCA menjadi penambah daya tarik calon pengguna untuk membuatnya.

Saatnya kita pahami beberapa syarat dan cara membuat kartu kredit BCA agar pengajuan kartu tersebut dapat disetujui oleh pihak bank. Tentunya pihak bank tidak akan sembarangan menyetujui semua aplikasi pemohon, ada syarat-syarat umum dan kusus yang harus terpenuhi. Lalu, bagaimanakah cara membuat kartu kredit BCA. Untuk memilikinya, cara membuat kartu itu dimana syarat dan cara membuat yaitu Anda harus mengisi formulir pembuatan serta melengkapinya dengan beberapa dokumen. Sebelum mengisi formulir pastikan diri Anda memang telah memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan oleh bank BCA sebagai berikut:

  1. Karyawan

Membuat kartu kredit BCA beserta persyaratan bagi karyawan yaitu untuk membuat kartu kredit utama harus berusia minimal 21 tahun atau telah menikah. Sementara untuk kartu kredit tambahan, syarat dan cara dimana harus dipenuhi adalah yaitu minimal berusia 17 tahun atau telah menikah. Berkewarganegaraan Indonesia yang dibuktikan dengan KTP. untuk WNA biasanya diperlukan KITAS. Kemudian penghasilan minimum Rp 3.000.000 per bulan yang dibuktikan dengan slip gaji. Untuk level tertentu, diperlukan syarat minimum gaji lebih tinggi dan yang terakhir fotokopi NPWP.

  1. Pengusaha dan profesional

Cara membuat kartu kredit BCA bagi para pengusaha dan profesional adalah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah untuk mengajukan kartu kredit utama. Sementara kartu kredit tambahan syarat dan cara yang harus dipenuhi yaitu minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah. Berkewarganegaraan Indonesia yang dibuktikan dengan KTP. untuk WNA biasanya diperlukan KITAS. Penghasilan minimum Rp 3.000.000 per bulan yang dibuktikan dengan fotokopi rekening koran atau rekening tabungan tiga bulan terakhir bagi pengusaha dan fotokopi surat ijin praktek bagi profesional. Untuk level tertentu, diperlukan syarat minimum gaji lebih tinggi dan yang terakhir fotokopi NPWP.

Selain cara membuat kartu kredit BCA, Anda juga harus mengetahui biaya administrasi yang ada dalam kartu tersebut. Secara umum akan dibebankan beberapa biaya administrasi. Beberapa biaya tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Biaya iuran tahunan

Biaya ini bervariasi dibedakan berdasar level yaitu level dasar, menengah dan atas. Makin tinggi levelnya, makin tinggi pula biayanya. Biaya ini dibayar per tahun ketika awal tahun. Berikut rinciannya:

  • Level dasar yaitu Rp 125.000/tahun untuk kartu kredit utama, Rp 100.000/tahun bagi kartu kredit tambahan.
  • Level menengah adalah Rp 250.000/tahun untuk kartu kredit utama, Rp 175.000/tahun bagi kartu kredit tambahan.
  • Level atas mulai Rp 450.000/tahun hingga Rp 1.000.000/tahun untuk kartu kredit utama dan mulai Rp 250.000/tahun hingga Rp 600.000/tahun bagi kartu kredit tambahan.
  1. Bunga.

Bunga kartu kredit sejak tahun 2012, dipatok maksimal 3% oleh BI. Oleh karenanya perbankan di Indonesia tidak dibolehkan memasang bunga di atas 3%. Dengan memasang ketentuan bunga sebesar 2,95% bank BCA termasuk standar. Bunga ini dikenakan bila pemegang kartu membayar tagihan dengan minimum payment. Selain itu, untuk transaksi Tarik tunai, ada lagi bunga Tarik tunai sebesar 2,95%.

  1. Biaya tambahan dan denda

Dan yang terakhir adalah biaya tambahan dan denda. Denda keterlambatan 3% atau maksimal Rp 150.000. Biaya ganti kartu hilang atau rusak Rp. 50.000. Biaya overlimit: 40.000. Biaya administrasi penarikan tunai yaitu 4% atau minimal Rp40.000. Dan yang terakhir biaya permintaan kopi faktur sebesar Rp30.000.

Jenis Kartu Kredit BCA

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, jenis kartu kredit BCA dan bank-bank besar lainnya memiliki fitur dan promo menarik. Biasanya, setiap tipe kartu memiliki fitur beserta promo yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kepemilikan kartu tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk membantu anda memilih tipe kartu BCA yang sesuai dengan kebutuhan, kami akan mengulas satu per satu jenis kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank BCA.

  1. BCA Card Silver

Kartu kredit BCA yang pertama adalah BCA card silver. Kartu ini memiliki profil yaitu setiap transaksi sebesar Rp 5000 dengan kartu BCA Card Silver, Anda akan mendapat 1 poin reward dari transaksi tersebut. Pada tahun pertama pemakaian, Anda akan memperoleh gratis iuran tahunan.

  1. BCA Card Gold

Jenis kartu kredit BCA yang kedua adalah Kartu BCA Card Gold. Bagi Anda yang gemar berpergian dengan menggunakan jasa transportasi udara baik domestik dan internasional bila menggunakan ini Anda akan mendapatkan diskon hingga 15%. Namun, Anda harus memiliki penghasilan bulanan minimal sebesar Rp.4 Juta. Untuk biaya keterlambatan pembayaran sebesar 3% dari total tagihan. Dan maksimum penarikan tunai bagi pengguna kartu ini sebesar 40% dari limit kredit.

  1. BCA Smartcash

Jenis Kartu kredit ini diciptakan khusus bagi Anda para pengusaha, kartu BCA Smartcash hadir dengan limit Rp 100 juta untuk mempermudah transaksi bisnis Anda, di mana pun dan kapan pun. Credit card tersebut memiliki bunga sebesar 0.06% per hari atau 1.8% per bulan yang dihitung harian, dengan keunggulan bebas biaya administrasi.

  1. BCA MasterCard MC2

Jenis selanjutnya adalah BCA mastercard MC2. Bagi Anda yang memiliki hobi nonton di XXI Cineplex ada baiknya untuk mempertimbangkan memiliki kartu kredit MC2 ini, terdapat promo menarik seperti pay 1 get 2 yang ditawarkan oleh bank BCA. Kartu ini maksimum penarikan tunainya adalah sebesar 40% dari limit dan biaya tahunan kartu tambahan sebesar Rp. 100.000.

  1. BCA Visa Batman

Jenis kartu kredit BCA yang terakhir yaitu BCA visa batman yang diperuntukkan bagi Anda yang gemar berpergian ke luar negeri dengan maskapai Garuda Indonesia atau Singapore Airline tidak ada salahnya mencoba untuk memanfaatkan BCA Batman. Kartu tersebut menawarkan promo dan diskon menarik bagi calon penumbang kedua Airlines tersebut. Dengan biaya tahunan sebesar Rp.125.000 Anda disyaratkan memiliki penghasilan bulanan minimal Rp.5 Juta dan maksimum penarikan tunai 40% dari limit kredit.

Setelah mengenal beberapa jenis kartu kredit BCA, ada baiknya kita memahami tentang BCA online payment, karena Di era teknologi seperti saat ini, belanja online melalui internet mulai menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebagian masyarakat Indonesia mulai sering membeli tiket pesawat, gadget baru atau voucher deals tertentu menggunakan internet secara online di website merchant, apalagi dengan adanya penawaran menarik dari merchant makin mendorong minat belanja.

BCA Online

Bank BCA dengan BCA online payment menjawab kebutuhan era digital seperti saat, BCA mempersembahkan sarana pembayaran belanja online yang praktis dan terpercaya bernama BCA KlikPay. Dengan didorong kebutuhan sarana pembayaran belanja online yang praktis menjadikan pertumbuhan transaksi belanja online meningkat, oleh karna itulah BCA KlikPay hadir. Layanan ini dapat digunakan oleh seluruh pengguna KlikBCA Individu yang telah memiliki KeyBCA dan/atau pemilik BCA Cardnya

Keuntungan dari BCA online bernama BCA KlikPay ini adalah Anda dapat melakukan pembayaran transaksi belanja online kapanpun dan dimanapun. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan dua jenis pembayaran yaitu KlikBCA Individu dan BCA Card. Dengan fitur ini Anda tidak perlu lagi menggunakan alat otorisasi transaksi tambahan, karena menggunakan OTP (One Time Password) yang akan dikirimkan ke handphone nasabah melalui SMS.

Pengamanan pada BCA online KlikPay adalah Anda harus membuat password Akun BCA KlikPay minimal 6 digit alfanumerik yang ditentukan oleh nasabah sendiri sebagai pengamanan akses. Password untuk OTP (One Time Password) berupa 8 digit alfanumerik yang selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi pembayaran belanja via online, menghapus atau menambah jenis pembayaran, dan mengubah atau lupa password. Untuk menambah pengamanan belanja online Anda, BCA memberlakukan setiap melakukan transaksi pembayaran belanja online, nasabah akan mendapatkan bukti transaksi yang tampil pada layar transaksi dan email notifikasi. Lalu nasabah akan dikenakan biaya SMS sesuai tarif yang berlaku dimasing-masing operator.

Terdapat 3 langkah mudah BCA online untuk aktifasi sehingga Anda dapat menggunakan BCA KlikPay, yakni daftarkan akun Anda melalui akses langsung pada link resminya lalu pilih menu registrasi dan daftarkan akun Anda. Kemudian, aktivasikan akun Anda. Bagi Anda yang menggunakan pembayaran melalui KlikBCA, cara aktivasinya adalah akses link resmi BCA KlikPay dan login ke Internet Banking Individual, pilih menu administrasi atau aktivasi. Bagi Anda yang menggunakan pembayaran BCA Card cara aktivasinya adalah akses link resmi BCA lalu login, pilih menu administrasi atau aktivasi.

Setalah Anda mengaktifkan akun BCA online, Anda bisa secara langsung bertransaksi belanja via online dengan akses ke website merchant rekanan BCA dan pilih metode pembayaran BCA KlikPay. Demikian lah ulasan dari plapon mengenai cara membuat kartu kredit BCA, macam-macam jenisnya dan profil BCA klikpay yang mempermudah cara bayar belanja via online menjadi semakin praktis dan tentunya dapat diandalkan. Perlu diketahui, kartu berbahan dasar plastik ini secara teknis berfungsi untuk mempermudah metode pembayaran, credit card bukanlah alat untuk mengekspresikan konsumerisme. Jika penggunaanya tidak dengan cermat dan bijak, maka siap-siaplah terjerat dalam hutang piutang. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in BCA. Bookmark the permalink. Comments are closed, but you can leave a trackback: Trackback URL.