Fungsi Kartu Kredit Dan Manfaat Kartu Kredit

Fungsi kartu kredit sangatlah banyak. Tidak hanya dapat digunakan untuk sesaat, namun manfaat kartu kredit juga berguna untuk dipakai dalam waktu lama. Namun jangan dikira untuk mendapatkannya Anda harus bersantai tanpa bersusah payah. Anda harus berusaha keras untuk mendapatkannya, karena terdapat beberapa syarat dimana harus dipenuhi, dan diantara syarat tersebut juga dapat dikatakan cukup sulit. Mendapatkan persetujuan dari bank penerbit ibarat mengejar seorang gadis cantik namun dengan sifat suka jual mahal karena akan terasa susah-susah gampang. Apalagi jika Anda tidak pernah mempunyai sebelumnya dan masih akan mengajukan, tentu hal ini akan memaksa untuk lebih bersabar

Saat ini, alat transaksi non tunai ini telah menjadi hal pokok dimana harus dimiliki setiap orang. Baik itu masyarakat pedesaan ataupun perkotaan, ini dikarenakan semakin meluasnya budaya konsumerisme serta bank-bank yang selalu menawarkan berbagai keuntungan dalam menggunakannya. Tentu sebagai manusia bijak Anda harus tetap mempertimbangkan tentang manfaat kartu kredit dan tidaknya bagi kehidupan Anda. Apabila kebutuhan memaksa Anda untuk mengajukan permohonan penerbitan, maka harus menyesuaikan kartu jenis apa yang tepat bagi Anda. Jangan sampai fungsi kartu kredit dan juga segala kegunaanya tersebut tidak dapat Anda rasakan manfaat kartu kredit dan malah akan membawa kedalam jurang hutang.

Dengan memilikinya, tidak perlu lagi susah payah membawa uang tunai banyak apabila ingin membeli barang. Anda hanya perlu membawa kartu sakti tersebut ke pusat-pusat pertokoan yang menyediakan barang yang diinginkan. Namun ingat, bahwa Anda hanya dapat menggunakan hanya pada tempat yang menyediakna alat gesek kartu sebagai cara pembayaran. Tak hanya untuk membeli barang, manfaat kartu kredit juga untuk digunakan dalam menikmati sebuah pelayanan. Misalnya ingin mendapatkan pelayanan listrik ataupun pulsa, dimana sistem kerja dari kartunya yaitu Anda hanya perlu menggesek kartunya. Diantara dari manfaat kartu ini mungkin masih banyak belum mengerti apa saja fungsi kartu sakti tersebut. Namun, sebelum Anda mengerti apa saja fungsi kartu ini, ada baiknya mengetahui apa sebenarnya credit card itu.

Untuk itu, Anda harus menyimak ulasan tentang pengertian kartu kredit sebagai berikut. Kartu kredit sendiri adalah salah satu produk dunia modern dimana mempunyai banyak fungsi dan juga manfaat kartu itu, yaitu dimana merupakan sebuah kartu sakti dimana dapat digunakan setiap waktu. Seperti yang kita ketahui, ini merupakan sebuah hasil produksi dari bank-bank tertentu dimana bertujuan untuk melayani nasabah. Dengan memilikinya maka Anda akan mendapatkan manfaat kartu ini dimana jika memanfaatkan fungsi kartu dengan baik maka mendapatkan kemudahan apabila hendak berbelanja.

Pengertian Kartu Kredit Menurut Para Ahli

  1. Emmy P. Simanjuntak berpendapat bahwa kartu kredit merupakan suatu kartu yang akan memberikan hak kepada penggunanya dengan menunjukan kartu tersebut dan dengan menandatangani beberapa persyaratan dalam formulir yang diterbitkan oleh perusahaan perbankan tertentu guna untuk mendapatkan barang atau jasa sehingga pemilik kartu dapat berbelanja tanpa perlu membayar secara langsung.
  2. Muh. Djumhana  dalam bukunya yang berjudul Hukum Perbankan di Indonesia menganggap bahwa  pengertian kartu  kredit  adalah sebuah  alat pembayaran sebagai ganti dari uang tunai.
  3. Munir Fuady dalam sebuah buku berjudul Hukum tentang Pembiayaan dalam Teori dan  Praktik berargumen bahwa kartu kredit adalah sebuah kartu yang pada dasarnya sengaja dibuat dari plastik dengan sebelumnya diberikan identitas dari pemegang dan penerbit, dan dapat memberikan hak kepada siapa kartu tersebut diberikan oleh perusahaan. Dan kemudian menandatangani pelunasan pembayaran nilai sebuah barang ataupun jasa yang dibeli di tempat-tempat seperti toko, restoran, hotel, penjual tiket dan lain-lain.
  4. Imam Prayogo S. dan Djoko Prakoso mengatakan bahwa kartu kredit merupakan suatu jenis alat transaksi jual beli sebagai pengganti uang tunai, di mana dalam keadaan apapun dapat digunakan sebagai alat tukar terhadap apa aja yang diinginkannya, dengan memperhatikan tempat- tempat mana saja yang menerima menerima kartu kredit dari bank sebagai alternatif pengganti uang. Pengertian kartu kredit yang keempat ini tentu dapat dengan mudah dipahami bukan?

Point-point dari penjelasan para ahli diatas adalah kartu kredit merupakan fasilitas kredit. Dan diperuntukkan kepada nasabah dari bank penerbit kartu dengan persyaratan-persyaratan yang harus dipatuhi. Kemudian selain itu kartu ini dapat diterbitkan oleh perusahaan pembiayaan ataupun oleh bank tertentu. Lalu, Jumlah limit yang dapat diberikan oleh perusahaan diseimbangkan dengan besarnya jumlah pendapatan pemegang kartu. bentuknya yang kecil dan juga terbuat dari plastik memudahkan dalam melakukan penyimpanan. Dan yng terakhir kartu ini dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dalam aktifitas bertransaksi di tempat tertentu.

Dengan memperhatikan pengertian kartu kredit dimana disebutkan diatas beserta kegunaan, juga kelebihan dan kekurangan, maka dapat dilihat bahwa terdapat kesamaan pendapat terkait definisinya. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa alat pembayran non tunai ini adalah sebuah fasilitas dimana sengaja diperuntukkan bagi siapa saja yang memiliki penghasilan dengan jumlah limit kredit yang sesuai dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Perusahaan Pembiayaan yang mempergunakan kartu ini sebagai cara pembayaran dalam aktifitas transaksi di tempat-tempat yang telah menjalin kerja sama dengan jaringan pihak penerbi kartu tersebut.

Beberapa ulasan kegunaan, sistem kerja, kelebihan dan kekurangan diatas tentu dapat sedikit mencerahkan pandangan Anda tentang pengertian kartu kredit yang benar. Setelah mengerti definisi pengertian kartu ini, maka dapat mencari tahu manfaat kartu kredit dan juga sehingga tidak bingung untuk mengajukan kartu tersebut apa tidak. Jika belum tahu maka janganlah khawatir. Simak ulasan berikut.

Fungsi Kartu Kredit Dan Manfaat Bagi Kehidupan

  1. Nyaman serta Praktis

Tentu manfaat kartu kredit akan memberikan sejumlah kepraktisan dan kemudahan karena tidak perlu lagi membawa uang tunai dengan jumlah banyak ketika berbelanja atau bepergian. Selain itu juga tidak perlu repot-repot untuk mencari mesin ATM dan menarik uang tunai dengan kartu ATM ataupun kartu debit ketika uang Anda kurang untuk melakukan transaksi beberapa barang yang Anda inginkan. Jadi disamping dapat menghemat waktu dan energi, sleian itu juga akan merasakan keuntungan lain dari fungsi kartu kredit yaitu sebuah pengalaman belanja secara aman dan menyenangkan.

  1. Memberikan Bermacam-macam Manfaat Tambahan

Perusahaan ataupun bank yang menerbitkannya sering kali menawarkan bermacam-macam program dimana disediakan bank tersebut untuk memenuhi berbagai keperluan dari berbagai kalangan. Jika Anda selalu bepergian dengan pesawat terbang atau bahkan sering membeli tiketnya menggunakan alat non tunai ini, biasanya pihak penerbit akan memberikan tawaran khusus atau sering dikenal dengan istilah frequent flier miles atau juga travel points dimana yaitu dapat ditukarkan dengan tiket pesawat terbang secara gratis. Selain hal tersebut, juga akan menawarkan bermacam manfaat lainnya seperti cashback, diskon dalam belanja, gratis iuran, dan banyak lainnya.

Program yang diberikan tersebut berdasarkan pada jumlah pembelian yang Anda lakukan, jika semakin banyak pembelian maka semakin banyak pula manfaat yang bisa dipetik. Perusahaan juga tak jarang menawarkan bunga yang rendah untuk kartu dalam periode tertentu, misalnya pada tahun pertama. Tawaran ini akan memungkinkan untuk mengirim uang di kartu baru yang bunganya lebih rendah atau yang biasa disebut dengan Cash Balance.

  1. Terasa Lebih Aman

Meskipun tidak dapat terlepas dari risiko dicuri dan disalahgunakan, kartu kredit justru relatif lebih aman. Ketika kartu dicuri orang atau terjatuh dan hilang, Anda dapat segera melaporkan kehilangan tersebut ke pihak penerbit. Selanjutnya,  kartu yang hilang tersebut akan langsung diblokir oleh penerbit sehingga siapa saja tidak akan bisa menggunakannya. Tentu dengan begitu dapat terlindung dari penyalahgunaan credit card yang hilang tersebut. Memang fungsi kartu kredit dan manfaat yang satu ini biasa dirasakan oleh pemilik.

  1. Memberi Perlindungan Terhadap Pembelian Produk

Mayoritas perusahaan ataupun bank penerbit akan bersedia membantu Anda jika terdapat masalah dalam pembelian suatu produk. Jika pihak penjual tidak mau mengambil kembali barang yang cacat atau tidak memuaskan bagi Anda, cobalah untuk menghubungi penerbit kartu kreditnya, dengan syarat perusahaan tersebut  memang menyediakan fasilitas perlindungan yang dimaksud. Hal tersebut tentu tidak mungkin terjadi apabila membeli barang secara tunai. Apabila ketika Anda membeli sebuah barang dengan kartu itu lantas barang tersebut menjadi rusak setelah waktu garansi dari penjual habis, Anda dapat menghubungi perusahaan penerbit dan mengetahui apakah mereka dapat membantu.

  1. Membantu disaat Keadaan Darurat

Tentu setiap manusia dalam berkehidupan tidak ingin mendapatkan masalah, baik itu kecil maupun besar. Namun, seringkali sebuah keadaan darurat tidak dapat dihindari. Dengan adanya alat non tunai ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam membantu untuk melakukan pembayaran ketika Anda berada dalam kondisi darurat dan secara kebetulan uang tunai sulit untuk diperoleh dengan cepat. Agar kartu tersebut dapat digunakan, tentu saja Anda diharuskan memastikan bahwa limit dalam credit card selalu tesedia sehingga dapat dipakai dalam segala keadaan darurat.

  1. Memudahkan dalam Mengatur Anggaran

Salah satu fungsi kartu kredit adalah selalu menawarkan cara pelunasan tagihan kredit secara penuh atau dengan metode mencicil. Fasilitas tersebut tentu akan mempermudah dalam membuat rencana anggaran, terutama apabila Anda berkeinginan untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar. Tentu dengan menggunakannya, Anda dapat mengatur sesuai dengan rencana dan kemampuan. Selain fasilitas dari fungsi kartu tersebut, Anda dapat melakukan pembayaran berbagai macam tagihan dengan cara satu pintu, seperti air, listrik, telepon, dan lain-lain. Dengan  fasilitas satu pintu tersebut , semua tagihan kredit dapat Anda bayar tanpa kelupaan atau keterlambatan dikarenan akan dijumlahkan bersama dengan tagihan kredit pada setiap bulan. Tentu dengan demikian anggaran keuangan setiap bulan akan lebih jelas.

  1. Menawarkan Keleluasaan dalam Bertransaksi

Salah satu pengertian kartu kredit adalah kartu yang terbuat dari plastik. Meskipun hanya kartu plastik ternyata banyak toko ataupun pusat perbelanjaan yang menginginkan kartu tersebut singgah di gerainya. Biasanya mereka memberikan program diskon atau promo khusus dalam waktu yang relatif singkat. Dengan memiliki credit card Anda akan mendapatkan keleluasaan dalam berbelanja apabila saat itu Anda kebetulan tidak memegang uang sementara Anda sangat membutuhkan barang  tersebut. Anda tetap dapat menikmati barang dengan penawaran khusus atau diskon tersebut dengan alat transaksi credit card, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan Anda dalam membayar tagihannya di waktu akan datang. Selain itu ada beberapa pebisnis retail bekerjasama dengan perusahaan penerbit kartu tertentu untuk memberikan potongan harga, tentu Anda harus manfaatkan peluang tersebut kan?

Apabila Anda seorang pebelanja yang bijaksana, Anda dapat memetik berbagai fungsi kartu kredit dan manfaat kartu itu telah diuraikan dengan jelas diatas. Jangan sampai Anda terjerumus dalam budaya konsumerisme. Semoga ulasan plapon yang ada diatas bermanfaat bagi pembaca semua untuk menambah wawasan tentang fungsi kartu kredit juga manfaat kartu kredit, kegunaan, sistem kerja, kelebihan dan kekurangan

This entry was posted in Kartu Kredit. Bookmark the permalink. Comments are closed, but you can leave a trackback: Trackback URL.